Atasi Perut Kembung pada Anak dengan Pilihan Susu yang Tepat

Atasi Perut Kembung pada Anak dengan Pilihan Susu yang Tepat
Perut kembung merupakan situasi yang normal terjadi pada anak, khususnya balita. Meski normal, perut kembung pada balita dapat membuatnya merasa tidak nyaman dan ingin rewel. Perut kembung bisa disebabkan sekian banyak  hal, mulai dari makanan, masalah pencernaan, dan banyaknya gas yang tertelan. Simak sekian banyak  penyebab dan teknik mengatasi perut kembung pada balita.

Perut kembung adalahperasaan sarat pada perut sebab terisi gas. Bila Si Kecil tidak jarang sendawa, buang angin, dan perutnya teras keras dan penuh, bisa jadi dia merasakan perut kembung. Untuk menangkal perut kembung pada balita, Bunda bisa menghindari pemberian makanan tertentu serta kelaziman yang dapat memicu gas pada Si Kecil.



Penyebab Perut Kembung pada Anak

Berikut ini ialah berbagai hal simpel yang dapat mengakibatkan perut kembung pada anak, yaitu:

    Banyak menelan udara
    Menangis, mengisap ibu jari, dan minum susu dari botol dapat membuat Si Kecil menelan tidak sedikit udara. Di samping itu, anak yang bergerak ke mana-mana ketika makan, mengakibatkan lebih tidak sedikit gas terperangkap dalam perutnya. Anak yang disuapi seraya bermain misalnya, ingin mengunyah lebih cepat supaya waktu santap tidak menghalanginya bermain. Hal berikut yang menciptakan Si Kecil menelan lebih tidak sedikit udara dan menciptakan perutnya kembung.


    Sensitif terhadap makanan tertentu
    Beberapa anak sensitif terhadap zat tertentu, contohnya lemak, laktosa pada susu, dan gluten. Di samping itu, sejumlah sayuran memang dikenal dapat mengakibatkan gas berlebih dalam perut, di antaranya ialah brokoli, kol, kembang kol, dan kacang-kacangan.


    Kesulitan memahami sukrosa dan fruktosa
    Banyak orang tua menyerahkan jus sebab anaknya tak mau makan buah. Namun andai terlalu banyak, anak mungkin kendala mencerna sukrosa dan fruktosa di dalam jus, sehingga mengakibatkan perutnya kembung.


    Tidak lumayan minum air
    Minum air memang tidak secara langsung menanggulangi perut kembung. Namun bila perut kembung pada balita diakibatkan oleh sembelit, minum tidak sedikit air dapat menciptakan tinja menjadi lebih lembek sampai-sampai lebih gampang dikeluarkan.

Mengatasi Perut Kembung dan Pilihan Susu Formula yang Tepat

Ketahui kapan anak kembung sampai-sampai Bunda bisa mengenali penyebabnya. Cara menanggulangi perut kembung pada anak tergantung pada penyebab perut kembung. Bila perut kembung terjadi sesudah anak minum susu, Bunda bisa mencoba berpindah ke jenis susu yang lain. Pemilihan dot yang tepat ketika minum susu juga dominan pada banyaknya udara yang tertelan.

Beberapa jenis susu rumus sudah diformulasikan eksklusif untuk menangkal perut kembung pada balita, yaitu:

    Susu rumus comfort
    Susu rumus jenis ini berisi protein susu sapi yang diubah secara khusus supaya lebih mudah dipahami oleh anak.


    Susu rumus bebas laktosa
    Susu rumus jenis ini adalahpilihan tepat untuk anak yang menderita intoleransi laktosa. Intoleransi laktosa berarti ketidakmampuan menyerap laktosa, yakni kandungan gula alami yang ada dalam susu.


    Susu rumus hipoalergenik
    Susu hipoalergenik diformulasikan khusus guna anak yang alergi terhadap susu sapi atau kedelai. Protein dalam jenis susu ini dibagi menjadi protein yang lebih kecil. Hal ini menjadikan susu hipoalergenik tidak mengakibatkan reaksi alergi, sebab sistem kekebalan tubuh anak tidak bakal menyerang protein susu.

Susu adalahasupan gizi urgen untuk mencukupi keperluan nutrisi Si Kecil. Saat ini pun sudah terdapat susu yang diperkaya serat supaya pencernaan Si Kecil nyaman.

Serat memang diketahui bisa melancarkan pencernaan, khususnya bila merasakan sembelit. Serat terbagi menjadi dua jenis yakni serat larut air dan serat tak larut air. Serat larut air akan menyusun gel andai terlarut dalam air. Sedangkan serat tak larut air bisa melancarkan pencernaan sebab membantu mendorong saldo makanan di dalam usus.

Perut kembung pada anak merupakan situasi normal. Keberadaan gas di dalam perut anak-anak maupun orang dewasa adalahbagian dari proses pencernaan makanan. Namun, ada sejumlah kondisi perut kembung yang butuh diwaspadai, misalnya andai disertai dengan tidak dapat BAB (buang air besar), BAB berdarah, muntah, paling rewel, dan demam.

Segera periksakan ke dokter bila Si Kecil mengalami fenomena di atas. Anda pun dapat berkonsultasi lebih lanjut pada dokter anak tentang susu rumus yang tepat untuk menangkal dan menanggulangi perut kembung pada anak.                       
Share This :