Stasiun Tv Jepang Batalkan Acara Konser BTS Karena Kaos yang di Pakai Jimin

Stasiun Tv Jepang Batalkan Acara Konser BTS Karena Kaos yang di Pakai Jimin

Stasiun Tv Jepang Batalkan Acara Konser BTS Karena Kaos yang di Pakai Jimin

Sebuah program televisi populer di Jepang, TV Asahi Music, mengurungkan acara konser grup boyband Korea Selatan BTS, Jumat (09/11/2018). Pasalnya, salah seorang member BTS, Jimin, tampak mengenakan kaus berilustrasikan Amerika Serikat yang menjatuhkan bom atom di Jepang.

Seperti yang lazim diketahui, bom atom yang meluluhlantakkan Kota Hiroshima dan Nagasaki pada tahun 1945 silam tersebut menelan ratusan ribu nyawa rakyat Jepang. Aksi Jimin tersebut lantas memancing reaksi keras dari semua penggemarnya sendiri dengan menyebut, 'penghinaan.'

1. BTS Meminta maaf

Media The Guardian (09/11/2018) melaporkan, semula BTS dijadwalkan manggung dan tampil di layar kaca pada hari Jumat ini. Tetapi, setelah memahami reaksi rakyat Jepang yang negatif sekaligus pembatalan acara, BTS kesudahannya mengungkapkan rasa penyesalan dan permohonan maaf mereka.

Beberapa orang Jepang menilai, dampak bom atom AS tersebut, semenanjung Korea merdeka dari Jepang. Topik perang Korea versus Jepang memang masih menjadi kupasan yang hangat di sana.

"Desain pakaian yang dikenakan di antara dari mereka (BTS) telah merangsang kontroversi. Kami telah membahasnya bareng pihak label rekaman. Akhirnya, kami menyimpulkan untuk menunda acara 9 November mereka," sebut TV Asahi dalam sebuah pengakuan yang dilansir The Guardian.

2. Tidak jelas kapan Jimin mengenakan kaus bom atom itu

Sejatinya, tidak jelas kapan Jimin mengenakan kaus dengan gambar bom atom tersebut. Hanya saja, foto-foto dirinya sendang mengenakan kaus kontroversial tersebut sudah tersebar semenjak bulan Oktober lalu.

Walau begitu, terdapat sejumlah laporan yang saling bertentangan. Ada yang menyinggung Jimin mengenakan kaus tersebut tahun lalu. Ada pun yang menyinggung Jimin mengenakannya pada tanggal 15 Agustus 2018 kemudian saat mengenang hari Kemerdekaan Korea Selatan.

Kaus yang dikenakan Jimin sendiri masih tidak sedikit tersedia di pasaran. Kaus tersebut bertuliskan jargon, Patriotism, Our History, Liberation, Korea atau Patriotisme, Sejarah Kami, Pembebasan, Korea. Kemudian ada potret bom atom meledak di Jepang yang ikonik itu.

3. Penggemar saling adu argumen

Pada ketika yang sama, media BBC menambahkan, memahami Jimin mengenakan kaus bom atom, pemakai media sosial di Jepang diketahui paling marah.

"Aku ialah orang Hiroshima. Aku tidak akan tidak mempedulikan BTS tampil di stasiun musik. Mereka sering menciptakan lelucon mengenai bom atom," cetus salah seorang pemakai medsos, laksana yang dilansir BBC.

Di sisi lain, semua pemakai medsos di Korsel membela Jimin sekaligus mengatakan mengenang Hari Kemerdekaan ialah hak penduduk negara.

"Apa ada urusan yang salah mengenai orang Korea mengenang Hari Pembebasan Nasional?" bela salah seorang pemakai medsos Korea. "Kalian (orang Jepang) kelewat batas kali ini."                       
Share This :